Sabtu, 01 Maret 2014

Cara Memperbaiki Master Boot Record Pada Windows 8

Cara Memperbaiki Master Boot Record Pada Windows 8 - Memperbaiki master boot record sebenarnya bukan hanya padaversi Windows 8 saja. Versi windows yang lebih tua juga sudah sering kita dengar mengenai masalah master boot record. Sekalipun diklaim sebagai versi windows terbaik saat ini dari semua segi, nampaknya Windows 8 juga menghadapai masalah ini. Pengetahuan Memperbaiki master boot record masih tetap diperlukan hingga pada versi windows sekarang.
 Ketika master boot record rusak pada windows 8, maka tampilan saat booting adalah seperti berikut ini;

Pesan di atas hanya tinggal pesan. Mencoba mengikuti apa yang nampak dalam gambar di atas tidak akan menyelesaikan masalah. Memperbaiki master boot record pun bukanlah sesuatu yang mudah terutama jika anda takut dengan layar yang hitam pada komputer.
Langkah Memperbaiki Master Boot Record Pada Windows 8
Pertama-tama , Anda akan memerlukan bootable disk atau pen drive yang erisi installer windows. Meskipun bukan keharusan , demi alasan keamanan, dianjurkan melepas perangkat penyimpanan lainnya dari PC Anda dan biarkan hanya SSD / HDD yang terpasang untuk pemecahan masalah.
Memperbaiki master boot record di awali dengan boot ke Windows 8 setup, pilih “Repair your computer” di bagian bawah jendela, kemudian “Troubleshoot” dan “Advanced options”. Di step jika Anda memiliki restore point yang pernah dibuat, anda dapat restore sistem anda, jika tidak silahkan lanjutkan.
Jadi hal pertama yang Anda akan coba dalam Memperbaiki master boot record adalah Automatic Repair
Jika tindakan diatas dapat Memperbaiki master boot record, maka proses selesai. Jika Windows tidak dapat memperbaiki masalah Anda, baca terus.
Silahkan kembali ke pilihan “Advanced’ dan pilih “Command Prompt”. Lakukan perintah termudah untuk memperbaiki dari commands promt. Masukkan perintah berikut;
bootrec /fixmbr
bootrec /fixbootbootrec /scanosbootrec /rebuildbcd
Di bawah Windows Boot Manager, item Device harusnya terset ke unknown.
Di bawah Windows Boot Loader, item Device dan os device harusnya terset ke unknown.
bcdedit /set {default} osdevice partition=c:
bcdedit /set {bootmgr} device partition=c:

Setelah mendapat konfirmasi sukses, silahkan tutup jendela CMD dan restart PC anda. Jika langkah ini menyelesaikan masalah, selamat untuk anda. Jika belum hilang masalahnya, kembalilah ke jendela “Command Prompt” di atas.
Masukkan perintah “bcdedit” tanpa tanda petik. Sejumlah daftar akan muncul dibawah item Windows Boot Manager dan di bawah Windows Boot Loader. Lihat item berikut:
Jalankan tiga commands berikut untuk memperbaiki setting:
bcdedit /set {default} device partition=c:
Memperbaiki master boot record sampai pada bagian di atas diharapkan dapat mengatasi masalah anda. Jika tidak juga, siap-siaplah install ulang.

0 komentar:

Posting Komentar